• Selasa, 16 Agustus 2022

Pancasila Harus Membumi dan Menjadi Gaya Hidup Masyarakat Indonesia

- Jumat, 3 Juni 2022 | 18:59 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Direktur Institut Filsafat Pancasila, Yoseph Umarhadi pada Sarasehan Pancasila di Gedung Nusantara IV  Kompleks DPR/MPR RI. Foto: Humas MPR
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Direktur Institut Filsafat Pancasila, Yoseph Umarhadi pada Sarasehan Pancasila di Gedung Nusantara IV Kompleks DPR/MPR RI. Foto: Humas MPR

Jakarta, beritayudha.com - Pancasila harus menjadi urusan dan perbincangan masyarakat, menjadi kerangka berpikir dan bertindak dan dengan sendirinya menjadi gaya hidup Masyarakat Indonesia. Pancasila harus membumi.

"Membumikan Pancasila berarti mengupayakan bagaimana manusia Indonesia menjadi manusia Pancasila,"ujar Direktur Institut Filsafat Pancasila, Yoseph Umarhadi dalam paparannya pada sarasehan bertajuk Pancasila sebagai Dasar Filsafat Negara dan Relevansinya dalam Kehidupan Bersama di Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Yoseph mengakui, perbincangan tentang Pancasila saat ini sudah mulai bergairah kembali karena MPR RI menjalankan fungsi sosialisasi. Namun, Pancasila masih menjadi domain elite politik di Senayan (para wakil rakyat).

"Pancasila sebagai dasar filsafat negara seolah-olah hanya penting bagi elite politik sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengerti,"ujar pria yang pernah menjadi anggota DPR RI sejak 1999 - 2019.

Masyarakat, menurut Yoseph, harus kita ajak untuk merefleksikan tindakan-tindakan dan nilai-nilai yang dipegangnya. Serta sejauh mana tindakan dan nilai-nilai itu merupakan realisasi atas Pancasila.

Sarasehan yang diselenggarakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia dengan Institut Filsafat Pancasila ini juga menghadirkan Guru Besar Filsafat Profesor Frans Magnis Suseno, Yudi Latief, dan artis Cinta Laura.

Tiga Usulan

Sarasehan Pancasila yang diselenggarakan oleh MPR dengan Institut Filsafat Pancasiladi Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR/MPR RI, Jakarta. Foto: Humas MPR RI

Yoseph Umarhadi mengusulkan setidaknya tiga hal agar Pancasila menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Pertama, membuat kajian terus-menerus mengenai Pancasila dan Filsafat Pancasila.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X