• Selasa, 16 Agustus 2022

Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, USAHID Laksanakan Pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
Universitas Sahid Jakarta melaksanakan Penobatan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Foto: Humas USahid
Universitas Sahid Jakarta melaksanakan Penobatan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Foto: Humas USahid

Jakarta, beritayudha.com - Universitas Sahid Jakarta (USahid) melaksanakan Penobatan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang merupakan kerjasama USahid dengan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Pemprov DKI Jakarta. Acara ini sekaligus untuk memeriahkan hari jadi DKI Jakarta ke-495 di lobby USahid Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di lingkungan kampus maupun di wilayah DKI Jakarta.

Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU selaku Rektor USahid menyampaikan, “Kekerasan pada wanita ada dimana-mana. Lingkungan rumah, rumah tangga, maupun di sekitar kampus. Dengan adanya POS SAPA di USahid diharapkan dapat menjadi wadah mahasiswa yang ingin melaporkan kekerasan yang terjadi di lingkungan kampus,”.

Acara penobatan ini adalah bagian dari puncak acara pemilihan duta mahasiswa terpilih USahid yang sudah dilaksanakan pada tanggal 15 - 20 Juni 2022 lalu, dimana sembilan (9) mahasiswa USahid mewakili Fakultas Ilmu komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, dan Fakultas Hukum.

Proses seleksi peserta meliputi diantaranya wawasan dan pengetahuan mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak, kemampuan berbahasa Inggris, advokasi tentang kekerasan di perguruan tinggi, kemampuan komunikasi, evaluasi sikap, serta unjuk bakat.

Para peserta dan panitia juga mengenakan busana Betawi sebagai bentuk partisipasi menyemarakkan hari jadi Jakarta ke-495. Penobatan turut dihadiri oleh Ketua Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) - Tri Palupi Handayani, Sub Koordinator PJKPA Dinas PPAPP DKI – Aris Pujian, Rektor USahid - Prof. Dr. Ir. KholilP, M.Kom., IPU, Wakil Rektor II - Dr. Titi Widaningsih, M.Si, serta anggota Dekan Fakultas USahid.

Dua Duta Mahasiswa Anti Kekerasan dipilih oleh dua (2) dewan juri yang juga merupakan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi USahid, yakni Meri Safarwati Putri, S. Sos, M. Si. - Ketua Pos Sahabat Perempuan dan Anak (POS SAPA) USahid dan Dr. Dessy Sunarsi - Ketua Pusat Study Gender (PSG) USahid.

Para finalis kemudian akan bersaing lagi mewakili USahid di pemilihan Duta Anti Kekerasan tingkat Provinsi DKI Jakarta. Sebagai bentuk apresiasi USahid dan DPPAPP Pemprov DKI Jakarta, Duta Mahasiswa Anti Kekerasan terpilih mendapatkan hadiah berupa uang tunai, sertifikat, piala, berikut dengan voucher makan malam dari Grand Sahid Jaya Hotel.

Duta mahasiswa Anti Kekerasan USahid berkomitmen untuk menyuarakan, mengedukasi, dan meneruskan informasi terkait pencegahan dan penanganan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X