• Sabtu, 26 November 2022

KRI Layaran-854 Amankan Kapal Penumpang yang Angkut Miras Ilegal

- Selasa, 26 Juli 2022 | 23:32 WIB
Unsur Gelar  Koarmada III, KRI Layaran-854 yang dikomandani Mayor Laut (P) Mario Marco Wainarisi, memeriksa KMP Sinabung di Perairan Ternate, Provinsi Maluku Utara, karena diduga  membawa minuman keras Cap Tikus. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Unsur Gelar Koarmada III, KRI Layaran-854 yang dikomandani Mayor Laut (P) Mario Marco Wainarisi, memeriksa KMP Sinabung di Perairan Ternate, Provinsi Maluku Utara, karena diduga membawa minuman keras Cap Tikus. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Ternate, beritayudha.com - Unsur Gelar Koarmada III, KRI Layaran-854 yang dikomandani Mayor Laut (P) Mario Marco Wainarisi, memeriksa KMP Sinabung di Perairan Ternate, Provinsi Maluku Utara, karena diduga membawa minuman keras Cap Tikus, pada Senin (25/7/2022).

Komandan KRI Layaran 854, Mayor Laut (P) Mario Maco Wainarisi, dalam keterangannya menjelaskan, ratusan liter miras berukuran besar ini diamankan setelah KRI Layaran mendapat infromasi tim Intelijen bawa ada kapal tujuan Bitung yang akan bersandar di pelabuhan A Yani Ternate dengan membawa miras.

“Dari informasi itu, anggota langsung menindaklanjuti dan melakukan pemeriksaan sehingga berhasil menemukan miras yang disimpan di dek 4 KM. Sinabung,” kata Mayor Laut (P) Mario Maco Wainarisi.

Saat ini, KRI Layaran-854 sedang bertugas melaksanakan Operasi Cenderawasih Jaya hingga beberapa waktu kedepan.

KMP Sinabung, yang diamankan tersebut sebelumnya berlayar dari Bitung menuju Ternate, dan didapat informasi adanya muatan minuman keras Cap Tikus didalam muatan kapal tersebut.

Kemudian saat itu unsur gelar terdekat Koarmada III yaitu KRI Layaran-854 segera melaksanakan pengecekan.

Selanjutnya KRI Layaran-854 mendeteksi kontak radar pada jarak 5 Nm, dan melalui pengamatan visual dan komunikasi melalui radio VHF FM diidentifikasi sebagai KMP Sinabung.

Setelah itu KRI Layaran-854 melaksanakan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan dilanjutkan Peran Sekoci, dimana Tim Pemeriksa bergerak dari KRI Layaran-854 dengan menggunakan sekoci RHIB menuju KM Sinabung.

Lebih lanjut Tim Pemeriksa onboard di KM Sinabung dan melaksanakan koordinasi dengan Nahkoda KM Sinabung serta melaksanakan pengecekan di deck 3 dan deck 4 buritan serta deck 4 haluan.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X