• Rabu, 29 September 2021

Sukses Pasang U-Shaped Girder Terakhir LRT Jabodebek, Adhi Karya Torehkan Rekor Indonesia

- Selasa, 25 Agustus 2020 | 18:48 WIB
Sukses Pasang U-Shaped Girder Terakhir LRT Jabodebek, Adhi Karya Torehkan Rekor Indonesia
Sukses Pasang U-Shaped Girder Terakhir LRT Jabodebek, Adhi Karya Torehkan Rekor Indonesia

Jakarta, indomaritim.id – Sejarah pembangunan sistem transportasi Indonesia mencatat rekor baru pada awal semester pertama 2020. Adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. yang sukses mencatatkan tiga rekor pada Museum Rekor Indonesia.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. membangun jalur kereta dengan struktur gelagar berbentuk huruf U atau u-shaped girder pertama dan terpanjang di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan ini membentangkan jembatan kereta boks beton lengkung terpanjang dalam radius terkecil dengan beban terbesar di Indonesia.

-
Adhi Karya telah berhasil meletakkan U-Shaped Girder terakhir pada lintas pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, di Jalan Jenderal Sudirman, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: beritayudha.com/Istimewa

“Karya ini tidak semata-mata ada begitu saja, namun ada kerja keras dan inovasi yang terus dikembangkan Adhi dengan dedikasi yang tinggi untuk negeri,” kata Corporate Secretary Adhi Karya, Parwanto Noegroho, kepada siaran pers Selasa, (25/8/2020).

“Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan, yakni memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan,” ujar Parwanto. Selain itu, menurut dia, struktur ini menyediakan walkway atau ruang untuk berjalan.

Ia menambahkan, LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi atau Jabodebek fase I dibangun menggunakan struktur utama berwujud lebih ramping dari biasanya. Struktur gelagar berbentuk U diadopsi dari Prancis. Pilihan desain itu dianggap lebih ramping sesuai ketersediaan ruang di Jakarta.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

Gerakan Mobil Masker Menembus Pantura

Kamis, 2 September 2021 | 14:27 WIB

Vaksin Nusantara Tak Boleh Dijual, Ini Alasannya

Minggu, 29 Agustus 2021 | 13:43 WIB

Terpopuler

X