Koarmada III Laksanakan Upacara Bendera 17 Januari 2023

- Selasa, 17 Januari 2023 | 15:33 WIB
Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI  Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera 17-an pada bulan Januari 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Koarmada III. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera 17-an pada bulan Januari 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Koarmada III. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, beritayudha.com - Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera 17-an pada bulan Januari 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat Daya pada Selasa, (17/1/2023).

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III, mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi Bangsa pada saat ini, sangatlah beragam dan kompleks.

BACA JUGA: Bangun Sinergitas dengan Forkopimda, Pangkoarmada III Siap Dukung Pembangunan Papua Barat Daya

"Pandemi Covid-19 masih menyisakan permasalahan berupa krisis ekonomi dan inflasi di tengah masyarakat. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan perang antara Rusia dan Ukraina serta ketegangan di Kawasan Asia Timur yang turut melemahkan kondisi ekonomi global," kata Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) mebacakan amanat.

Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) menambahkan, disebagian wilayah NKRI, gangguan dari kelompok separatis teroris masih terus mengusik keamanan dan ketenangan masyarakat, dan yang terakhir, kita akan dihadapkan dengan tantangan penyelenggaraan pesta demokrasi berupa pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024.

Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera 17-an pada bulan Januari 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Koarmada III. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Menyikapi beragam kondisi dan tantangan yang dihadapi, TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan oleh undang undang. Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa.

Sesuai visi Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi Patriot, yakni Prajurit TNI profesional, modern dan Tangguh, TNI kuat, rakyat bermartabat demikian diungkap Panglima TNI.

Pada bagian lain Panglima TNI juga memberikan penekanan berupa perintah harian untuk seluruh Prajurit dan PNS TNI, salah satunya untuk memperkokoh solidaritas antar satuan TNI, memperkuat sinergitas TNI/ Polri serta elemen pemerintah/ lembaga lain, dan selalu menjaga netralitas TNI.

Selain itu, TNI juga harus menjadi pengayom dan membantu kesulitan rakyat, guna memberikan rasa aman dari segala bentuk ancaman serta meminta agar stop aksi arogansi prajurit TNI dan bersikap tegas namun humanis, tegas Panglima TNI.

Hadir dalam upacara tersebut yaitu Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Atmudji, S.E., M.M., CFrA., CRMP, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yohanis Yulius Tamoni dan seluruh Pejabat Utama serta Prajurit dan PNS Koarmada III.

 

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X