• Selasa, 16 Agustus 2022

Kementerian Perindustrian Boyong Pelaku Industri Kecil dan Menengah Promosi Produk ke Jakarta

- Jumat, 3 Juni 2022 | 12:54 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) bersama bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakbuming Raka (kiri) melihat-lihat produk Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Foto: Humas Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) bersama bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakbuming Raka (kiri) melihat-lihat produk Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Foto: Humas Kemenperin

Jakarta, beritayudha.com - Kementerian Perindustrian gencar menggaungkan dan mengimplementasikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), salah satunya melalui pemberian fasilitas bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) daerah untuk tampil pada ajang pameran-pameran bergengsi. Tujuannya untuk meningkatkan promosi produk dan memperluas akses pasar mereka sehingga bisa semakin tumbuh dan berkembang.

Salah satu yang dilakukan Kementerian Perindustrian adalah dengan memboyong IKM di Provinsi Lampung untuk mempromosikan produk unggulannya melalui pameran offline di pusat perbelanjaan ternama di Ibu Kota. Kegiatan ini merupakan rangkaian Gernas BBI yang diselenggarakan oleh Kemenperin dengan tema Lagawi Fest – Satu Bumi Juta Karya, Lampung Bangga Wirausaha Industri.

“Program ini merupakan komitmen Kemenperin untuk terus menyediakan wadah bagi pelaku industri Lampung dalam berinovasi menjadi industri yang lebih maju,namun tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) menjadi movement manager Gernas BBI Lagawi Fest yang rangkaiannya telah digelar sejak 17 Maret lalu.

Sebelumnya, Kemenperin telah melakukan kurasi untuk mendapatkan 30 pelaku IKM terpilih yang berhak menjalani pendampingan bisnis intensif untuk menaikkan jumlah unit artisan Indonesia (UMKM/IKM), sekaligus menciptakan nilai tambah bagi produsen dan konsumen agar semakin banyak produk Tanah Air yang berkualitas.

Pendampingan Industri Kecil, Menengah dan Aneka

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita mengungkapkan, selain pendampingan bisnis intensif, Kemenperin juga memfasilitasi pelaku IKM terpilih tersebut untuk memamerkan produknya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, selama lima hari, pada 1-5 Juni 2022.

“Sebanyak 28 pelaku industri kecil, menengah dari Lampung dari kategori fesyen, makanan dan minuman, serta kerajinan yang produknya akan dipamerkan di Jakarta. Kemenperin menyiapkan booth dan akomodasi untuk IKM terkurasi ini, selain itu OVO juga memberikan dukungan dalam bentuk cashback selama pameran bagi konsumen yang membeli produk 28 IKM tersebut,” paparnya.

Reni menyampaikan, Lampung sangat terkenal dengan kopi yang diolah dengan sangat baik oleh IKM Rizky Kopi 49 dan Jums Coffee. Lalu terdapat produk minuman olahan rimpangdan hasil pertanian seperti produk Gendhis Ayu Jahe, Madu Hutan Al Ghozi, dan Madu Suhita.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

PINTU Jadi Sponsor Bali United di Liga I 2022

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:26 WIB

Indonesia Perkuat Penetrasi Pasar Tiongkok dan ASEAN

Sabtu, 11 September 2021 | 14:55 WIB
X