Neraca Ekspor Impor Sayuran, Surplus atau Defisit?

- Senin, 25 Mei 2020 | 16:51 WIB
Buah dan Sayuran
Buah dan Sayuran

Jakarta, beritayudha.com  Ditengah dampak pandemi Covid-19, perdagangan internasional terus belangsung. Terutama untuk bahan pangan, termasuk buah dan sayuran. Lalu, bagaimana neraca perdagangan Indonesia dengan negara lain di bidang pertanian?

Kementerian Pertanian melalui publikasinya menjelaskan, produksi pertanian dan sayuran segar dalam negeri masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan beberapa jenis sayuran daun segar seperti selada, bayam, kangkung, kubis, dan wortel terus diekspor karena pasokan dalam negeri melimpah.

"Dalam masa pandemi kita lihat sendiri, petani sampai kesulitan menjualnya karena produksi melimpah. Kami bantu petani memasarkan, bahkan kami bantu distribusinya," kata Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, Prihasto Setyanto, di Jakarta, Senin (25/5/2020).

"Kalau ada pengamat yang cerita impor sayuran kita meningkat di tahun 2019, dari data BPS bisa di kroscek, impor tersebut adalah terbesar bawang putih dan kentang industri. Komoditas ini masuk dalam kelompok aneka sayuran. Nyatanya kita memang masih butuh pasokan," ujarnya.

Prihasto Setyanto menambahkan, bawang putih volumenya mencapai 38,62 persen dari total nilai impor seluruh jenis sayuran, disusul kentang olahan industri, bawang bombay dan cabai kering.

Pasokan bawang dalam negeri saat ini belum mencukupi kebutuhan masyarakat, karena bawang putih tumbuh optimal di daerah sub tropis seperti Tiongkok. Produksi bawang putih nasional meskipun naik dari 49 ribu ton menjadi 88 ribu ton, jumlahnya masih belum dapat memenuhi kebutuhan nasional yang mencapai 580 ribu ton per tahun.

"Begitu pula kentang industri, yang berbeda dengan jenis kentang sayur (granola). Jenis Granola kita malah sudah bisa ekspor. Jadi impor sayuran hanya pada komoditas sayur yang produksi kita masih rendah," ujar Prihasto Setyanto memungkasi.

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

4 Jenis Investasi yang Cocok Bagi Mahasiswa

Sabtu, 24 Juni 2023 | 17:15 WIB

Terpopuler

X