• Selasa, 17 Mei 2022

Berhadiah Total 500 Juta Rupiah! CAF Betta Festival 2022 Umumkan Pemenang Kategori IBC dan SNI

- Minggu, 16 Januari 2022 | 20:01 WIB
Pengumuman pemenang CAF Betta Festival. Foto: beritayudha.com/istimewa
Pengumuman pemenang CAF Betta Festival. Foto: beritayudha.com/istimewa

Bandung, beritayudha.com - Ajang kompetisi ikan hias dan Cupang terbesar di Jawa Barat, CAF Betta Festival yang digelar di Trans Studio Bandung, akhirnya sampai pada proses pengumuman pemenang. Sebelumnya, seleksi dan penjurian dilakukan mengikuti standar International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Juara Umum untuk kategori SNI adalah ikan Cupang Gatotkaca dari Semarang, Jawa Tengah dan Juara Umum untuk kategori IBC adalah ikan Cupang Mocuan. Keduanya berhasil menjadi juara dan masing-masing mendapatkan hadiah sebesar 25 juta rupiah”, kata Zaenal Somantri, Event Director CAF Betta Festival saat jumpa pers di lokasi acara, Sabtu (15/01/2022).

Turut hadir dalam jumpa pers Yanuar Anugrah (CEO CAF Group), Zaenal Somantri (Event Director CAF Betta Festival), Dominicus Ferdinand (Ketua Juri IBC), Yusuf Muharam (Perwakilan Juri SNI), Wing Wiryawan (Presiden Asosiasi Betta Indonesia), dan Arif Ardiansyah (Ketua Pelaksana bidang IT).

Dalam pengumuman pemenang kompetisi yang digelar malam harinya juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Noorhadi Sadli (Tenaga Ahli Organisasi, Tata Laksana & Hubungan Antar Lembaga), serta Sundawan Salya (Direktur Utama TV Mata Milenial Indonesia) sebagai media partner acara ini.

Zaenal Somantri menjelasakan, pada kompetisi ikan Cupang ada beberapa tingkatan pemenang. “Per kelas ditentukan Juara 1-nya, yang terlaksana hari ini dan kemudian diumumkan pemenangnya”, ujarnya.

Ada 2000 lebih ikan yang telah dinilai oleh juri. “Untuk jumlah tim, kurang lebih ada ratusan tim yang ikut,” imbuhnya. Ia menambahkan, pelaksanaan acara yang digelar selama empat hari tersebut terbagi menjadi beberapa segmen; Batch In Cupang Peserta (13 Januari), Penjurian Kompetisi Cupang (14 Januari), Pengumuman Pemenang Juara Umum & Grand Champion (15 Januari) kemudian di hari terakhir Exhibition & Batch Out serta ada Pasar Kuliner Tradisional (16 Januari).

Selain uang tunai, hadiah fantastis lainnya juga telah disiapkan untuk diberikan kepada masingmasing pemenang per kategori seperti: 1 unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC, 2 unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Regular), 1 unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby). Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division (Regular & Optional), dan total hadiah senilai 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI.

Adapun pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas Cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI. Kompetisi ini dinilai oleh dewan juri dengan jumlah terbanyak seIndonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi).

Komitmen Bangkitkan Industri Kreatif

Halaman:

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

Agni, Brand Lokal Karya Anak Muda Millennial

Rabu, 13 April 2022 | 16:02 WIB

Bawang Putih Sembuhkan COVID-19, Hoaks atau Fakta?

Jumat, 6 Agustus 2021 | 23:00 WIB

Anggun Raih Penghargaan Musik Begengsi di Rusia

Sabtu, 3 April 2021 | 11:57 WIB

Wisata di Sekitar Pelabuhan Marapokot

Kamis, 23 Juli 2020 | 23:08 WIB

Sebelum Terlambat, Kenali 3 Tipe Diabetes

Minggu, 10 Mei 2020 | 19:49 WIB

Terpopuler

X