Koarmada III Gelar Tactical Floor Game Pada Latihan Operasi Pamobvitnas

- Jumat, 18 November 2022 | 18:14 WIB
Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar Tactical Floor Game (TFG) pada Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional (Pamobvitnas) TA. 2022. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel  Laut (KH) R Doni Kundrat
Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar Tactical Floor Game (TFG) pada Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional (Pamobvitnas) TA. 2022. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, beritayudha.com - Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar Tactical Floor Game (TFG) pada Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional (Pamobvitnas) TA. 2022 di wilayah Koarmada III.

Tactical Floor Game ini dipimpin Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Tunggul, yang juga sebagai Komandan Satgas pada latihan tersebut yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Mas Pardi, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat pada Jumat, (18/11/2022).

"Latihan TFG ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para peserta latihan pada medan latihan yang sebenarnya di PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Sorong Papua Barat, sehingga dengan latihan TFG ini diharapkan para peserta latihan mendapatkan bekal bagaimana cara penanganan sebenarnya pada praktek dilapangan nantinya," kata Laksamana Pertama TNI Tunggul dalam keterangannya kepada pewarta.

BACA JUGA:  Batalyon Roket 2 Marinir Gelar Latihan Roket MLRS Vampire dan RM 70 GRAD

Laksamana Pertama TNI Tunggul menambahkan, selain itu latihan ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam membangun sumber daya manusia TNI Angkatan Laut yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

"Serta penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini," lanjutnya.

Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar Tactical Floor Game (TFG) pada Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional (Pamobvitnas) TA. 2022. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

"Adapun simulasi Latihan Operasi Pamobvitnas yang dilaksanakan adalah mengamankan dan melumpuhkan aksi terorisme, upaya peledakan tangki kilang, pembajakan kapal tangker hingga demo dari pihak tertentu," ujar Laksamana Pertama TNI Tunggul memungkasi.

 Pada TFG tersebut turut dihadiri Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han), sebagai Wakil Direktur Latihan serta diikuti seluruh peserta latihan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan terkait dengan Latihan Operasi Pamobvitnas TA. 2022 di wilayah Koarmada III yang telah dibuka oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, pada beberapa waktu lalu dan direncanakan akan berakhir pada tanggal 19 November 2022 nanti.


Adapun tema latihan adalah “Koarmada III Melaksanakan Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional Strategis TA 2022 di Wilayah Sorong dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

 

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X