Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate Jaga Wilayah, Jadikan Perairan Kepulauan Widi Sebagai Target Patroli

- Minggu, 18 Desember 2022 | 15:38 WIB
Komandan Lanal Ternate, Kolonel Marinir Ridwan Azis memimpin pelaksanakan patroli keamanan laut terbatas di perairan Kepulauan Widi, Halmahera, Maluku Utara. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Komandan Lanal Ternate, Kolonel Marinir Ridwan Azis memimpin pelaksanakan patroli keamanan laut terbatas di perairan Kepulauan Widi, Halmahera, Maluku Utara. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Halmahera, beritayudha.com - Komandan Lanal Ternate, Kolonel Marinir Ridwan Azis memimpin pelaksanakan patroli keamanan laut terbatas di perairan Kepulauan Widi, Halmahera, Maluku Utara pada Sabtu (17/12/2022). Patroli ini dilaksanakan untuk menjaga keamanan laut di wilayah kerjanya yang didukung KAL Tidore dan KRI Gulamah-869.

"Keberadaan Pulau Widi sebagai pulau terpencil merupakan bagian dari NKRI yang harus diawasi dan dijaga keamanannya dari berbagai ancaman. Oleh karena itu personel Lanal Ternate secara rutin melaksanakan patroli darat terbatas di daerah tersebut," kata Kolonel Marinir Ridwan Azis dalam keterangannya kepada pewarta.

BACA JUGA: Guspurla Koarmada III Laksanakan Pembekalan Kepabeanan dan Keimigrasian

Ditempat terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, mengatakan bahwa Koarmada III dan jajaran akan selalu siap menjaga dan mengamankan dari segala bentuk ganggguan dan ancaman yang terjadi di wilayah kerjanya.

Patroli yang dilaksanakan ini merupakan salah satu perintah dan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul.

Komandan Lanal Ternate, Kolonel Marinir Ridwan Azis dan Ketua Cabang 2 Korcab XIV Daerah Jalasenastri Armada III menanaman seribu batang mangrove di Pulau Daga Kecil dan Pulau Daga Besar disela pelaksanakan patroli keamanan laut terbatas di perairan Kepulauan Widi, Halmahera, Maluku Utara. Foto: Dis

“Serta meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan kemampuan personel, sistem senjata armada terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Patroli Keamanan Laut di sekitar Kepulauan Widi, Komandan Lanal Ternate menggunakan KAL Tidore yang diikuti Forkopimda setempat.

Disela-sela kegiatan pengamanan tersebut, Danlanal Ternate bersama dengan Forkopimda dan Ketua Cabang 2 Korcab XIV Daerah Jalasenastri Armada III juga melaksanakan Komsos dengan masyarakat nelayan yang berada di sekitar kepulauan Widi dan melaksanakan pembagian sembako, pemeriksaan kesehatan umum dan penanaman seribu batang mangrove di Pulau Daga Kecil dan Pulau Daga Besar.

Dari data yang diperoleh, kepulauan Widi masuk wilayah administrasi Kecamatan Gane Timur Selatan dan Kecamatan Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan. Jarak terdekat dari Desa Sawat, Kecamatan Gane Timur tengah ke kepulauan Widi sekitar 20 Nm dan kurang lebih terdapat 99 pulau disana.

Pulau Daga adalah salah satu kepulauan Widi yang terdapat bangunan berupa rumah papan berjumlah belasan unit yang digunakan oleh penduduk musiman (nelayan lokal/tradisional) yang berasal dari Desa Gane luar, Desa Rangga-rangga, Desa Kuo, Desa Sawat, Desa Gaimu dan Desa Bisui untuk digunakan pada saat mereka menangkap ikan di sekitar kepulauan Widi dan setelah musim ikan selesai mereka akan Kembali ke kampung masing-masing.

 

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X