KRI Gulamah-869 Laksanakan Patroli Keamanan Laut di Kepulauan Widi Maluku Utara

- Senin, 19 Desember 2022 | 19:27 WIB
KRI Gulamah-869 yang sedang melaksanakan Operasi Cenderawasih BKO Koarmada III turut mendukung Patroli Keamanan Laut dan Bakti Sosial di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
KRI Gulamah-869 yang sedang melaksanakan Operasi Cenderawasih BKO Koarmada III turut mendukung Patroli Keamanan Laut dan Bakti Sosial di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Halmahera Utara, beritayudha.com - KRI Gulamah-869 yang sedang melaksanakan Operasi Cenderawasih BKO Koarmada III turut mendukung Patroli Keamanan Laut dan Bakti Sosial serta penanaman mangrove yang dilaksanakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Sabtu, (17/12/2022).

"Selain mendukung kegiatan Lanal Ternate, KRI Gulamah-869 tetap melaksanakan patroli keamanan laut secara terus menerus," kata Komandan KRI Gulamah-869, Mayor Laut (P) Habiby Achmad dalam keterangannya kepada pewarta.

BACA JUGA: KRI Sultan Hasanuddin-366 Gelar Latihan Tembakan Meriam di Laut Mediterania

Mayor Laut (P) Habiby Achmad menambahkan, dimana hal tersebut tersebut merupakan perintah dari Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla untuk selalu selalu siap menjaga kedaulatan dan menegakan hukum di laut dari segala bentuk ganggguan dan ancaman, terutama di Pulau-pulau terpencil dan terluar.

"Juga hal tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan serta menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan," ujarnya memungkasi.

Komandan KRI Gulamah-869, Mayor Laut (P) Habiby Achmad dan pengawak KRI Gulamah-869 yang sedang melaksanakan Operasi Cenderawasih BKO Koarmada III turut mendukung Patroli Keamanan Laut dan Bakti Sosial di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel La

Kepulauan Widi termasuk dalam wilayah kerja Lanal Ternate dan merupakan salah satu destinasi wisata di Maluku Utara yang memiliki keindahan dan pesona alam yang eksotik, yaitu memilki pasir putih yang terhampar luas, air laut jernih kebiruan.

Terdapat juga terumbu karang dengan berbagai jenis keindahan biota lautnya, sehingga kepulauan ini tidak kalah dengan keindahan Kepulauan Raja Ampat.

Untuk itu, dalam rangka menjaga kelestarian dan keamanan laut di Kepulauan Widi, Komandan Lanal Ternate Kolonel Marinir Ridwan Azis melaksanakan Patroli Keamanan Laut dengan mengunakan KAL Tidore serta KRI Gulamah-869.

Selain itu bersama Forkopimda setempat melaksanakan kegiatan bakti kesehatan, penanaman ribuan pohon mangrove dan pembagian sembako, serta melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat nelayan yang berada di sekitar kepulauan Widi untuk menjalin menjalin hubungan silaturahmi yang semakin erat.

 

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X