Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono Kukuhan KRI Teluk Wondama–527

- Rabu, 11 Januari 2023 | 16:44 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama–527. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama–527. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.

Sorong, beritayudha.com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama–527 yang telah memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut khususnya di Koarmada III saat kunjungan kerjanya ke Papua.

"Kapal ini saya beri nama KRI Teluk Wondama yang diambil dari nama teluk yang terletak di Papua Barat. Penamaan ini sekaligus merupakan perwujudan kecintaan TNI pada bumi Papua, kapal ini diharapkan membawa nama besar teluk Wondama dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Papua," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, kapal ini dirancang untuk melaksanakan tugas sebagai pengangkut pasukan pendarat lengkap dengan kendaraan amfibi dan peralatan tempurnya.

BACA JUGA: Pangkoarmada III Mengikuti Entry Briefing Kasal di Mabesal

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama–527. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.

"KRI Teluk Wondama–527 juga dapat digunakan untuk patroli keamanan laut, dukungan angkutan laut Serpa dan Serlog, operasi bakti, SAR dan kapal suplai," imbuh Laksamana TNI Yudo Margono.

KRI Teluk Wondama–527 memiliki panjang 117 meter dan lebar 16,4 meter serta mampu membawa 10 unit main battle tank kelas Leopard 2A4 atau 15 unit BMP-3F, 4 unit LCVP (Landing Craft Vehicle Personel), 2 unit helikopter, serta 476 kru dan pasukan. Adapun,

Sistem propulsi terdiri dari dua mesin diesel STX MAN 9L27/38 yang masing-masing menghasilkan luaran 3285 kW dengan kecepatan tertinggi mencapai 16 knot. Lebih dari itu, LST berbobot kosong 2300 ton ini mampu memiliki ketahanan di laut selama 20 hari atau jarak tempuh 7200 km serta memiliki kemampuan mendarat di pantai.

Dari aspek persenjataan, kapal ini dibekali 1 unit meriam bofors kaliber 40/L70 mm ditempatkan pada haluan, 1 unit kanon PSU kaliber 20 mm, serta 2 buah SMB (Senapan Mesin Berat) kaliber 12,7 mm.

Pada aspek konstruksi fisik, KRI Teluk Wondama (527) didesain dengan struktur tujuh lantai, berurutan dari bawah: bottom deck menjadi ruang khusus mesin kapal. Deck A adalah ruang tangki dan ruang pasukan, deck B ruang pasukan. Deck C & D untuk kru kapal termasuk tempat tidur dan peralatan keseharian kru kapal. Deck E merupakan ruang komandan dan para perwira. Deck F adalah ruang komando. Deck G, top deck menjadi tempat peletakan dua radar utama.

 

 

Editor: Mulyono Sri Hutomo

Tags

Terkini

X